Senin, 22 Maret 2010

Resep Pempek Palembang


Gini nih susahnya, kalo lagi kepengen bikin sesuatu, ampe tidur pun kebayang-bayang. Kali ini pengeeeen banget bikin pempek. Kebetulan masih ada cuko pempek di kulkas, kiriman adik dari Lampung. kebetulan juga dapet ikan tengiri murah (kecil-kecil) di pasar. Jadi klop deh, semua situasi dan kondisi mendukung, plus anak-anak lagi tidur siang. Saatnya beraksi....


Resepnya begini:

1 ekor ikan tengiri kecil (fillet, buang durinya)
air dingin
9 sdm tepung kanji
3 sdm tepung terigu
garam
penyedap

Caranya:
1. Blender ikan tengiri fillet hingga lembut
2. Siapkan air dingin dengan perbandingan 1:1 (biar lebih enak 1:3/4). Jadi klo ikan tengiri blender tadi dimasukkan ke gelas tingginya hanya setengah gelas, maka air dingin yang digunakan juga setengah gelas ato kurang.
3. Campur ikan dengan air
4. Masukkan garam halus, dengan ukuran sendok peres. Untuk resep ini menggunakan 1 sendok peres garam halus. Masukkan bumbu penyedap secukupnya
5. Masukkan tepung kanji dan terigu, aduk rata hingga kalis (tidak lengket).
6. Cara membentuknya: siapkan wadah dengan permukaan cukup luas, beri tepung kanji yang banyak. Lumuri tangan dengan tepung kanji. Ambil adonan dengan sendok taruh di wadah berisi kanji, gulung-gulung, hingga berbentuk seperti lenjeran. potong-potong.
7. Untuk pempek kapal selam. Ambil sepotong pempek, buat bentuk mangkuk isikan dengan telur yang sudah dikocok. Rapatkan.
8. Rebus pempek dalam air panas yang sudah diberi sedikit minyak hingga mengapung. Angkat, tiriskan.
9. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan. Sajikan dengan cuko nya.

Selamat mencoba.



Salma Hasan bangun tidur nih, langsung makan pempek dengan lahap :) rebutan ma ayah :))

1 komentar:

bobobo mengatakan...

hmm yummi

Posting Komentar