Sabtu, 13 Maret 2010

Makanan Bayi

Biasanya, para ibu akan mulai cari info mengenai makanan bayi dan seluk beluknya ketika usia anak mendekati 6 bln (menjelang pemberian MPASI). Browsing, tanya sana sini, plus ngumpulin resep sebanyak-banyaknya. Nah, selain mempersiapkan menu makanan bayi, ibu juga harus mempersiapkan perlengkapan memasak untuk bayi. Berikut hal-hal yang perlu menjadi perhatian:

1. Makanan bayi hendaknya disesuaikan dengan umur dan keterampilan makan bayi. Jangan memberikan bayi yang belum punya gigi dengan makanan alot, he2.


2. Sebaiknya memiliki peralatan khusus masak untuk bayi, seperti panci kecil, dandang kecil untuk mengukus, rantang untuk mengetim, mangkuk tahan panas untuk mengukus, parutan keju, saringan, talenan, dan pisau tersendiri. Selain itu, persiapkan pula blender mini, jika tidak ada kita bisa memanfaatkan grinder (penggerus bumbu) yang selalu ada jika kita membeli blender biasa. Lebih baik jika menggunakan grinder baru dan gunakan hanya untuk keperluan bayi.

3. Perhatikan kebersihan bahan makanan. Cuci bersih setiap bahan makanan yang akan dimasak pada air mengalir agar kuman dan kotoran hilang.

4. Cuci bersih dan potong bahan hewani yang mudah busuk seperti hati ayam, ikan, daging, ayam untuk keperluan satu resep. Simpan dalam kemasan atau wadah tertutup dan bekukan dalam freezer. Jangan sekali kali membekukan ulang daging yang sudah dikeluarkan dari freezer, dilelehkan atau dipotong. Cara ini mengundang tumbuhnya bakteri. Jika akan memasak untuk keperluan esok hari, pindahkan potongan daging dari freezer ke bagian bawah kulkas malam sebelumnya agar es nya meleleh.

5. Untuk ibu sibuk, persiapkan bahan masakan esok hari pada malam sebelumnya, jadi paginya bisa langsung cemplang-cemplung.

6. Jangan lupa cuci tangan kita sebelum mempersiapkan makanan bayi.

Selamat Memasak.



0 komentar:

Posting Komentar